MEMAHAMI FUNGSI JAS DOKTER - ARTI WARNA PUTIH

Jas dokter adalah suatu perangkat wajib yang dikenakan oleh dokter saat sedang bertugas memeriksa dan memberikan pengobatan kepada pasien. Jas yang dikenakan oleh dokter ini tentu saja berwarna putih tanpa ada motif apapun. Biasanya hanya ada name tag sebagai pengenal dokter tersebut. Memang seragam warna putih ini mirip sekali dengan seragam
perawat, namun ada perbedaan yang dapat kita lihat secara kasat mata antara dokter dan perawat.
Memahami fungsi jas dokter - arti warna putih
Salah satu yang paling jelas adalah dokter dapat mengenakan pakaian apa saja dibalik jas yang berwarna putih tersebut, sedangkan perawat tidak boleh. Tidak ada pakaian lain di balik seragam putih perawat. Adalah suatu kewajiban bagi dokter untuk mengenakan jas dokter di semua lingkungan tempatnya bertugas melakukan praktek kedokteran. Baik itu di rumah sakit, puskesmas ataupun di tempat praktek pribadi yang umumnya di rumah mereka. Bahkan ketika diterjunkan dalam kondisi menangani bencana sekalipun, dokter juga harus mengenakan jas dokter. Ini adalah suatu ketentuan yang harus ditaati oleh para dokter, meskipun tampaknya ini adalah sepele.

Kegunaan jas dokter

Setiap yang melekat pada orang yang memiliki profesi tertentu, pasti ada kegunaan dan tujuannya. Dalam hal ini dokter pun demikian. Mulai adanya perlengkapan medis yang dibawa dalam tas hingga apa yang menempel pada badan si dokter, seperti jas dokter. Jas ini digunakan bukan tanpa sebab atau hanya supaya terlihat keren saja. Ada beberapa manfaat dan fungsi dari jas dokter ini, yakni diantaranya adalah:
  • Jas dokter selalu berwarna putih, hal ini bertujuan jika ada partikel yang tidak diinginkan, terutama yang tidak steril melekat pada jas dapat segera diketahui. Maka dari pemkaian jas dokter ditujukan supaya dokter dalam keadaan yang bersih dan steril sebelum menangani pasien. Jika dokter menangani pasien dengan kondisi yang tidak steril, bisa jadi justru akan merugikan si pasien dengan memperparah penyakitnya.
  • Jas dokter sebagai identitas kedokteran. Ciri khas pada jas dokter ini dapat membuat seorang dokter mudah dikenali oleh siapapun. Hal ini berguna ketika dalam kondisi darurat, maka seseorang akan mudah menandai kehadiran dokter guna membantu pasien yang sedang membutuhkan perawatan segera. Dengan penggunaan jas dokter, orang lain tidak perlu menanyakan apakah ia dokter atau bukan. Orang akan langsung tahu bahwa orang berjas putih itu adalah dokter dan segera meminta bantuannya sehingga tidak membuang waktu yang berharga.
  • Jas dokter berwarna putih melambangkan kebersihan. Sedangkan kebersihan adalah sesuatu yang sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Dengan dokter yang menggunakan jas putih, maka akan terbentuk citra diri bahwa dokter adalah lambang dari kebersihan dan kesehatan lingkungannya.
Demikian adalah kegunaan dari jas dokter. Kami harap setelah ini anda bisa memahami bahwa segala hal pasti ada maksud dan tujuannya
(sumber :  http://semangatku.com/ )